Budaya Politik

Posted by admin On Agustus 17, 2016 ADD COMMENTS

Budaya politik tidak lain adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.

Sebenarnya budaya politik tertentu sudah melekat (inheren) pada setia masyarakat yang terdiri atas individu yang hidup, baik dalam sistem politik tradisional, transisional, maupun modern. Kebudayaan politik terdapat dalam sistem politik masyarakat Eskim, yang hidup tersebar dalam kelompok2 kecil mulai dari Selat Bering antara Alaska dan Siberia sampai Green Land di Atlantik Utara, mereka boleh dikatakan masih sederhana (primitif).

Terdapat interrelasi antara disiplin dalam ilmu sosial (seperti ilmu ekonomi, ilmu hukum, ilmu budaya dll.) yang dianggap dapat menemukan pola tingkah laku politik individu maupun kelompok

Dalam kenyataan pemahaman budaya politik sering diberi arti sebagai peradaban politik yang digandengkan dengan prestasi dalam bidang peradaban dan teknologi.

Hal ini terlihat dari lingkup budaya politik yang meliputi orientasi individu yang diperoleh dari pengetahuannya yang luas maupun sempit: orientasi yang dipengaruhi oleh perasaan keterlibatan, keterlekatan maupun penolakan; orientasinya yang bersifat menilai objek dan peristiwa politik.

Pengenalan atas budaya politik secara cermat merupakan salah satu informasi yang terpercaya bagi pengenalan sistem politik.

Budaya politik sangat dipengaruhi oleh struktur politik.

Leave a Reply