Sistem Politik Indonesia

Posted by admin On Agustus 17, 2016 ADD COMMENTS

Sistem politik Indonesia adalah sistem politik yang berlaku di Indonesia, yaitu yang pernah berlaku, yang sedang berlaku atau nyata-nyata berlaku, atau yang berlaku selama eksistensi negara Indonesia sampai sekarang.
Sistem politik dan kehidupan politik di Indonesia harus ada landasannya, yaitu negara Indonesia.
Jadi, lingkungan intra-masyarakat yang berpengaruh terhadap Sistem Politik Indonesia antara lain juga memuat landasan rohaniah bangsa, falsafah bangsa, doktrin politik, ideologi politik, dan sistem nilai.
Sistem politik Indonesia ditafsirkan sebagai sistem politik yang seyogianya berlaku di Indonesia.
Sementara itu sistem politik di Indonesia ditafsirkan baik sebagai seluruh proses sejarah dari saat berdirinya negara Indonesia sampai dewasa ini, atau hanya dalam periode-periode tertentu dari proses sejarah. Dalam kenyataan kita dapat menjumpai perbedaan-perbedaan esensial Sistem Politik di Indonesia dari periode satu ke periode lainnya, misalnya sistem politik Demokrasi-Liberal, Sistem Politik Demokrasi Terpimpin dan Sistem Politik Demokrasi Pancasila, tetapi tidak mengubah falsafah negara.
Hal ini karena: falsafat tidak banyak berpengaruh terhadap sistem politik, artinya tidak berpengaruh terhadap aktor (pelaku) politik, atau belum ditemukan standar dan model Sistem Politik Indonesia yang sesuai dan mendukung cita-cita bangsa Indonesia.

Leave a Reply