Tata Pemerintahan yang Baik

Posted by admin On Agustus 17, 2016 ADD COMMENTS
Tata Pemerintahan yang Baik atau sering disebut: Good Governance, merupakan konsep pengelolaan pemerintahan yang terbaru yang saat ini seharusnya diterapkan di semua tingkat pemerintahan.
UNDP merumuskan good governance sebagai suatu exercise dari kewenangan politik, ekonomi, dan administrasi untuk menata, mengatur dan mengelola masalah-masalah sosialnya (UNDP: 1997). Istilah governance menunjukkan suatu proses di mana rakyat bisa mengatur ekonominya, institusi dan sumber-sumber sosial dan politiknya tidak hanya dipergunakan untuk pembangunan, tetapi juga untuk menciptakan kohesi, integrasi, dan untuk kesejahteraan rakyatnya.
Dengan demikian jelas bahwa kemampuan suatu negara mencapai tujuan-tujuan pembangunan itu sangat tergantung pada kualitas tata pemerintahannya di mana pemerintah melakukan interaksi dengan pihak swasta dan masyarakat madani.
Tiga unsur penting yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan (interlock) adalah:
  • Negara (state),
  • Masyarakat madani (civil society) dan
  • Sektor swasta (private sector) yang sangat berperan dalam pembangunan ekonomi daerah (Taschereau dan Campos, UNDP: 1997).

Ketiga unsur tersebut mempunyai tata hubungan yang sama dan sederajat dan saling mempengaruhi. Jika kesamaan derajat itu tidak sebanding, atau tidak terbukti, maka akan terjadi pembiasan dari tata pemerintahan yang baik.

 

Sumber : Diktat Kuliah “Birokrasi Pemerintahan Indonesia”

Dosen   : Jogjo Endi Rukmo

Leave a Reply